Rabu, 02 Januari 2013

tugas laporan perjalanan ke graha tek.jakabaring


Graha Teknologi Jakabaring

Waktu Pelaksanaan Kegiatan    : 10.00 Wib
Tempat                         : Jakabaring ( Sumatera Selatan )
Tujuan Kegiatan                       : Mengunjungi dan melihat langsung koleksi alat di Graha 
 Teknologi  Jakabaring
Hasil Perjalanan                        :
Graha Teknologi Sriwijaya adalah salah satu science center di Indonesia yang ada di Palembang berfungsi sebagai sarana ilmu pengetahuan teknologi di luar sekolah. Berbagai program disusun dengan pola perpaduan unsur pendidikan dan hiburan, tujuannya adalah memperkenalkan ilmu pengetahuan teknologi kepada masyarakat secara mudah, menarik dan berkesan. Melalui berbagai macam alat peraga ilmu pengetahuan teknologi  dan berbagai kegiatan yang di kemas secara menarik.

Graha Teknologi Sriwijaya memiliki berbagai macam alat peraga ilmu pengetahuan teknologi  interaktif, yang dapat di indra langsung oleh para pengunjung. Merupakan sajian utama Graha Teknologi Sriwijaya selain dari program-program kegiatan lainnya yang bersifat menghibur.
Perjalanan kali ini mahasiswa diajak melihat dan memperagakan langsung penggunaan beberapa alat – alat yang berhubungan langsung dengan ilmu pengetahuan alam khususnya Fisika. Dalam perjalanan singkat itu mahasiswa dilibatkan langsung dalam demo beberapa prinsip yang ada di bidang ilmu fisika, demo ini merupakan salah satu penerapan fisika dalam kehidupan sehari-hari.
            Demo fisika yang dikemas dalam peragaan sederhanaan yang dapat memberikan kemudahan dalam memahami terapan ilmu fisika. Demo yang dilakukan mengenai Hukum Newton, Gaya dan Larutan asam basa. Dalam peragaannya mahasiswa diminta untuk memperkirakan hal yang terjadi setelah dilakukan percobaan.

Alat yang digunakan pada demo tersebut antara lain :
Percobaan Hukum Newton :
Telur dengan massa yang telah ditetapkan, gelas, piring kecil.
Percobaan Gaya :
Kelereng, Gelas, Bidang datar persegi dengan empat tali penggantung dan satu titik tumpu.
Percobaan Larutan asam basa :
Air mineral, larutan iodin dan larutan jeruk nipis.
            Setelah menyaksikan demo mahasiswa diperbolehkan menggunakan alat yang terdapat di graha teknologi tersebut. Pada setiap alat terdapat petunjuk percobaan dan pejelasan tentang proses yang terjadi pada percobaan tersebut. Mahasiswa merasakan banyak manfaat dalam perjalanan singkat berkunjung ke Graha Teknologi Jakabaring.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar